Cara Mendapatkan Uang Dari Internet Untuk Pemula

Era digital seperti saat ini adalah era dimana setiap orang bisa punya penghasilan hanya bermodalkan smartphone. Artinya mendapatkan uang dari internet sangatlah mungkin. Asalkan mau belajar dan tekun, banyak peluang yang bisa dimanfaatkan. Modalnya hanya hp dan sosial media yang kita punya seperti facebook, instagram maupun youtobe. Lalu bagaimana cara mulainya?

Nah postingan kali ini saya akan meberi tahukan kepada Anda tentang sosial media yang bisa Anda gunakan sebagai alat untuk menghasilkan uang.

Pertama, Facebook

Saya yakin bahwa diantara sekian banyak teman Anda di facabook ada satu atau dua orang yang memanfaatkan sebagai media berjualan. Media untuk promosi atas barang yang mereka jual. Walaupun mungkin ada di antara Anda yang merasa risih ketika beranda facebook yang Anda miliki penuh dengan barang-barang jualan, tapi seperti itulah cara memanfaatkan facebook untuk menghasilkan uang.

Tentu dalam berpromosi juga ada tekniknya, kita tidak bisa sembarangan dalam sehari posting jualan terus karena teman-teman di facebook bukannya beli malah ilfil. Namun harus dengan cara yang santai dan halus, jualan namun tidak terkesan jualan.

Selain jualan produk, kini facebook juga sudah punya fitur creator vidio laiknya youtobe. Simpelnya, kita bisa dapat uang dengan upload vidio di facabook. Namun ada beberapa perysaratan yang harus dipenuhi, yaitu uploud vidio di halaman fanspage buka akun personal. Kemudian harus mempunyai 10.000 pengikut/follower dan dalam waktu 30 hari terakhir harus mempunyai 30.000 pemutaran vidio yang durasi tontonnya minimal selama 1 menit.

Kedua, Instagram Marketing.

Saya yakin bahwa Anda yang punya instagram pasti follow minimal satu akun publik dan akun online shop. Dua hal inilah yang banyak dilakukan oleh seseorang untuk menjadikan instagram sebagai media menghasilkan uang.

Akun Publik

Untuk akun publik ini bisa akun pribadi ataupun akun anonim. Lalu bagaimana cara mendaptkan uangnya?

Cara dapatkan uang dari akun publik ini biasanya berupa jasa endorse. Misal, Anda punya produk batik. Nah agar menjangkau banyak orang maka Anda menggunakan jasa akun publik yang sudah punya follower banyak untuk di posting di akunnya. Otomatis para follower akun publik tersebut akan melihat postingan produk Anda. Hasilnya apa? Hasilnya ketika ada yang tertarik dengan produk yang Anda jual pasti akan menghubungi Anda.

Sebagai contoh, akun publik milik Neng Niehhal Aisyis @niehal_aisyiy membuka jasa endorse untuk produk kecantikan ataupun gamis. Jumlah follower saat ini 93,9RB.

Untuk akun Anonim, Anda bisa lihat akun Ulama Nusantara @ulama.nusantara atau akun Nutizen @nutizen. Kedua akun tersebut sama-sama membuka jasa endorse berupa posting produk yang seseorang miliki di akunnya.

Gimana, punya gambaran kan?

Membuat akun publik ini adalah cara pertama yang bisa Anda coba untuk menjadikannya sebagai media untuk berbisnis. Tapi ingat, harus spesifik untuk target marketnya.

Contoh ketika mau menargetkan bahwa follower Anda adalah orang NU maka Anda harus membuat instagram baik nama dan postingan yang berisi tentang NU. Tapi ingat harus dilandasi dengan niat untuk berbagi. Banyakin posting, soal nanti follower menjadi banyak anggap saja itu bonus.

Contoh lagi, ketika target market yang Anda pilih adalah untuk produk kesehatan maka postingan yang di share juga harus seputar informasi kesehatan.

Akun Online Shop

Menjadikan instagram sebagai online shop untuk saat ini adalah hal yang sangat familiar. Banyak keuntungan yang bisa Anda dapat pastinya. Pertama, tidak perlu sewa tempat. Kedua, bisa dilakukan dimanapun asal terkoneksi internet. Ketiga, peluang kedepan sangat besar. Kenapa? Karena era informasi saat ini banyak orang yang lebih suka belanja online dan soal trust atau kepercayaan masyarakat dengan online sudah terbangun.

Lalu bagaimana caranya?

Caranya sangat mudah. Yang harus pertama Anda lakukan adalah mencari produk apa yag akan Anda jual.

Kalau Anda belum punya produk, Anda bisa menjadi reseller di pasarijo.com

Atau mungkin bisa gabung di dropshipaja.com milik Rico Huang atau 101red.com milik Chistina Lie.

Produk sudah ada.

Sekarang tinggal membuat akun online shopnya.

Apa yang harus Anda siapkan sebelum membuat toko onlinenya?

  • Produknya apa?
  • Nama Toko Online yang sesuai atau menggambarkan produk yang Anda jual apa?
  • Username toko online nya apa?
  • Logo toko Online

Sebagai contoh saya akan menunjukan tentang Online Shop yang saya buat. Namanya Oemah Batik NU. Sesuai namanya maka toko online yang saya bangun ini menjual produk NU terkhusus Batik NU.

Di akun tersebut ada beberapa hal yang bisa menjadi referensi ketika Anda membuat toko online.

Logo dan Nama Toko “Oemah Batik NU”

Untuk membuat logo saya menggunakan aplikasi canva.com

Anda bisa mencoba membuatnya di situ. Aplikasinya gratis kok. Hanya perlu mendaftar supaya bisa login laiknya daftar facebook. Kalau bisa desain sendiri pake Corel Draw atau Photoshop malah lebih bagus.

Ingat, untuk logo pastikan yang bisa mewakili produk yang Anda jual.

Username “oemahbatiknu”

Sama dengan nama, pastikan username ini menggambarkan produk yang anda jual. Sehingga ketika orang mencari mudah menemukannya.

Informasi Akun

Poin ini sangatlah penting karena disinilah orang akan tahu tentang akun yang Anda buat. Penempatannya biasaya ada di bagian deskripsi. Apa saja yang harus ada?

Informasi singkat tentang produk apa yang Anda jual, jasa apa saja yang menjadi kurir pengiriman, kota pengiriman barang dan yang tidak boleh ketinggalan adalah kontak (No WA) kemana seseorang akan menghubungi jika minat atau mau membeli barangnya.

Link aktif

Link aktif ini bisa berupa website yang berisi produk yang Anda jual atau berisi informasi kontak WA yang sudah di modifikasi sehingga sekali klik maka otomatis langsung tersambung ke WA Anda.

Contoh, bit.ly/WAOemahBatikNU maka otomatis akan tersambung ke WA saya sehingga orang yang akan pesan atau tanya tentang Batik NU tidak perlu lagi mengetik nomor.

Cara membuatnya gimana?

Gampang. Ketik saja di WA Anda sesuai dengan tulisan di bawah ini.

https://api.whatsapp.com/send?phone=6285747338492&text=Halo%20*Oemah%20Batik%20NU*%20mau%20tanya%20tentang%20batik

Nomor yang berwarna merah ganti dengan nomor Anda.

Untuk pesannya bisa Anda edit sesuai yang Anda mau. Sesuaikan saja dengan pesan yang sekiranya cocok dengan Anda.

Untuk %20 adalah kode spasi.

Jika sudah coba saja di klik.

Lalu untuk menyingkatnya menjadi bit.ly/WAOeamhBatikNU gimana?

Yang harus kalian lakukan adalah kalian membuat akun bit.ly terlebih dahulu. Ketik ada di google bit.ly

Kemudian daftar dan ikuti arahannya. Gampang kok.

Jika sudah login maka klik Create. Maka muncul tampilan sebagai berikut.

Lalu copy paste link di atas dan klik Create. Maka akan muncul tampilan berikut.

Ubah tulisan sesuai yang Anda inginkan. Seperti gambar berikut. Dan Klik Save.

 

Sebagai catatan, jika pada saat Anda memasukan tulisan dan berwarna merah artinya tulisan tersebut sudah terpakai dan ganti dengan tulisan lain.

Itulah beberapa poin penting yang perlu Anda perhatikan ketika ingin membuat Toko Online di Instagram.

Sebenarnya masih banyak hal teknis lain yang perlu Anda lakukan jika ingin membuat Instagram sebagai media untuk mendapatkan penghasilan sampingan. Insya Allah akan saya update di lain waktu.

Semoga bermanfaat.

Tulisan selanjutnya insya Allah akan membahas soal Youtobe. Ditunggu ya 🙂

4 Replies to “Cara Mendapatkan Uang Dari Internet Untuk Pemula”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *