Konsep Digital Marketing yang Perlu Anda Pahami

Sebelum memulai pembahasan tentang digital marketing, ada baiknya kita bahas tentang gambaran sebuah bisnis berjalan. Polanya sama, berasal dari traffic atau pengunjung.

Begini …

Jika Anda mempunyai toko baju, yang harus dilakukan pertama adalah bagaimana orang lain tahu kalau Anda itu membuka toko baju?

atau, kalau dalam dunia marketing namanya awareness.

Setelah orang lain tahu bahwa Anda mempunyai toko baju, tugas selanjutnya adalah bagaimana agar orang yang sudah tahu tersebut berkunjung ke toko Anda.

Kunjungan calon pembeli ini yang dinamakan traffic. Karena berkunjung maka tidak otomatis beli, biasanya lihat-lihat terlebih dahulu koleksi bajunya. Jika cocok dan pelayanannya oke, barulah terjadi pembelian atau sering disebut closing.

Itu gambaran kalau offline, lalu kalau online seperti apa?

Polanya sama, hanya saja ketika online maka media yang digunakan berbeda.

Media online inilah yang dinamakan dengan Digital Marketing.

Pertanyaannya, apa itu digital marketing?

“Digital marketing adalah upaya untuk  memasarkan produk dengan memanfaatkan koneksi internet dan teknologi digital.”

Sebagai contoh, jika dilakukan secara offline, membuat toko baju harus menyediakan tempat/bangunan, harus mencari karyawan untuk jaga, harus bayar listrik dan air. Ketika dilakukan secara online, hanya perlu membuat website atau landing page untuk menampilkan baju yang Anda jual. Lebih hemat kan?

Nah, itu sedikit gambaran tentang digital marketing. Intinya, proses pemasaran produk atau jasa yang Anda miliki menggunakan internet sebagai media utamanya.

Sampai sini paham kan?

Bicara soal digital marketing, setidaknya ada beberapa jenis yang perlu Anda ketahui.

  1. Website / Landingpage

Website / landingpage ini menjadi sesutau yang wajib ketika Anda serius untuk melakukan bisnis online. Kenapa? Karena website ini ibarat bangunan tempat Anda menyimpan barang atau informasi jasa yang Anda jual.

Keuntungan lain dari website adalah terlihat meyakinkan, karena memang si pemiliki toko benar-benar serius dalam melakukan aktifitas bisnis onlinnya.

  1. Advertising Online

Advertising Online ini adalah salah satu strategi di dalam digital marketing dengan menggunakan iklan berbayar. Bentuk dari advertising online ini ada tiga, paid social, paid search dan paid campaign.

Paid social ini adalah media iklan yang dipasang di media social, biasanya di facebook ads dan Instagram ads. Kemudian Paid search adalah media iklan yang di pasang di mesin pencari seperti google, atau lebih sering disebut dengan google ads.

Sedangkan Paid Campaign adalah kampanye berbayar baik untuk pemasaran atau awareness produk kamu di platform tertentu. Contohnya Youtube.

Gunanya apa advertising online ini?

Gunanya adalah untuk menjangkau, bisa berupa ajakan untuk berkunjung ke website Anda atau sebagai brand awareness agar orang lain tahu website atau toko online yang Anda miliki.

  1. Email Marketing

Email marketing merupakan media dalam mengumpulkan lead atau email calon pembeli. Karena Anda punya database calon pembeli maka saat Anda punya produk baru, Anda hanya perlu memberitahukan kepada mereka melalui email.

  1. Sosial Media Marketing

Social Media Marketing adalah strategi pemasaran melalui media sosial secara organik. Sifatnya efektif dalam menargetkan audiens yang sesuai dengan buyer persona bisnismu dan bisa mencapai semua tujuan yang ditentukan.

Sebutkan tujuannya seperti :

  • Promosi dan jualan
  • Membangun brand awareness
  • Menjalin hubungan dengan audience

Yang paling penting dari penggunaan social media adalah tidak membutuhkan biaya yang tinggi. Sebagai gantinya kamu harus meluangkan waktu lebih untuk konsisten membuat konten yang sesuai dengan buyer personamu

____________________________________

Jadi kesimpulan dari tulisan di atas gampangnya gini,

  1. Anda membuat toko online menggunakan website untuk menginformasikan barang-barang apa saja yang Anda jual
  2. Anda menggunakan Advertising Online berupa Facebook Ads, Instagram Ads atau Google Ads untuk mendatangkan traffic/pengunjung ke Toko Online yang Anda miliki
  3. Anda mempunyai data base calon pelanggan berupa email yang sewaktu-waktu bisa Anda follow up menggunakan email marketing
  4. Anda menggunakan social media marketing, bisa berupa facebook, instgaram atau twitter untuk promosi atau memberikan info update terbaru tentang Toko Online Anda

Jika tertarik untuk mempelajari tentang Facebook Ads, Anda bisa miliki panduannya disini.

Semoga bermanfaat 😊

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *